Rabu, 21 Desember 2011

my other side,


Help Me……………….. support me……….

Rindu suasana hiruk pikuk melayani satker (satuan kerja) seperti dulu, tanpa deadline “seminggu lagi harus ngumpulin presentasi, final project, animasi matematis, data mining, kalkulasi kecenderungan konsumen, codingan dan expert system untuk analisa suatu masalah”. Paradigma apa yang bisa dirasakan? Atau paradigma apa yang ada di hadapan kita? sedikit bingung dan kaku saat bertatapan dengan layar monitor dengan tampilan putih bersih yang dulu sangat mudah untuk membuat persepsi otak kita tertata rapi dalam tulisan blog. Namun kini seakan ini menjadi sebuah hal yang sangat sulit sekali untuk dilakukan dan entah apa yang terpikir dengan ide di kepala yang mampet serta tak kunjung lancar menelurkan kata demi kata yang akan terukir mulus di layar monitor blog nanti. Tapi akhirnya dengan ide seadanya 30 tulisan ini muncul sebagai ilham dari ideologi otak linglung yang meluncur bagai air mancur..cur..cur.


Sedikit lega perasaan ini setelah melalui begitu banyak proses yang berjalan beberapa waktu yang lalu; mulai dari ‘dikejar’ Homework Assignment hingga kehilangan codingan praktikum dan berujung dengan presentasi website yang melelahkan; dimana saya diharuskan membuka kelopak mata ini selama 72 jam atau 3 hari penuh untuk menyelesaikan seluruh tugas yang sudah molor dalam pengerjaannya. Walaupun hasil penilaian belum saya ketahui, namun saya tetap bersyukur masih bisa mengerjakannya di sela-sela aktivitas saya, dan bersyukur mendapatkan karunia berada di kampus ITS dengan seluruh anak-anak yang imut untuk menemani keseluruhan kerja rodi menyelesaikan 10 (sepuluh) tugas dari 5 mata kuliah yang rutin setiap minggunya.


Setuju atau tidak dengan ungkapan “sahabat akan selalu ada dikala sahabatnya susah”, saya pribadi mengalami hal tersebut dimana ada sahabat-sahabat saya yang mendukung saya hingga saat ini. Namun ada juga yang meninggalkan dan bersuka cita sendiri namun itu saya anggap ujian saja, dimana pada akhirnya saya bisa menyelesaikan ini semua dengan senyum berkat orang-orang yang sangat mencintai dan menyayangi saya. Sesulit dan sepahit apapun cobaan pasti akan berlalu jika dikerjakan dengan serius dan ikhlas, rangkulan sahabat-sahabat terbaikmu akan membuatmu kokoh setiap saat hingga semua rintangan akan terasa lebih ringan.


Saya pernah mengalami pasang surut kehidupan. Naik di sisi tertinggi sebuah pencapaian selama 12 tahun berturut-turut dan berada di level rata-rata dalam 12 tahun selanjutnya. Tapi kesyukuran besar selalu muncul karena saat ini tak ada lagi masa SD dimana saya harus berjalan 4 kilometer membawakan sekeranjang besar bahan konveksi karena ga punya sepeda; tidak ada lagi masa SMP yang harus jualan plus bersepeda 10 kilometer menuju sekolah; dan kesemuanya itu dilanjutkan di masa SMA yang harus diisi dengan 2 kegiatan kombinasi SD dan SMP, dimana saya harus bersepeda 10 kilometer menuju sekolah dibarengi dengan jualan sate puyuh dan kertas bekas di waktu pagi dan jualan kue dan kartu lebaran di masa libur sekolah.


Masa kuliah mungkin jadi masa paling menyenangkan, pekerjaan saya dimasa itu tidak harus menghabiskan fisik yang begitu banyak. Tugas utama saya sebagai mahasiswa STAN hanyalah belajar dan dibarengi mengisi pelajaran sekolah untuk anak-anak SMP dan SMA dengan pendapatan 1 juta perbulan. Masa-masa sebagai PNS adalah yang paling menggembirakan karena semuanya lepas dari pundak. CPNS di 2006 dan diangkat tahun 2007 plus dapat kesempatan belajar di 2011. Jadi ada kesempatan besar untuk belajar lebih keras tapi otak mulai membeku menghafalkan semua aturan matematis dan kode pemrograman. Satu-satunya motivasi besar dalam perkuliahan sekarang adalah ILMU. Kata-kata yang sangat kental dibahas dalam wawancara dengan pihak Departemen Keuangan. Masih butuh dorongan baru untuk saat ini dan semoga semuanya berjalan sesuai dengan niat ikhlas untuk memperbaiki keadaan diri, meningkatkan kedewasaan dan awareness dengan kehidupan. 


Share

2 comments:

Anonim mengatakan...

ada yang punya kisah lain??

Tahu Cempluk asli Tasikmalaya mengatakan...

Insyaallah jika semuanya dilakukan dgn ikhlas akan membawa kebaikan utk semuanya.. Amin.. Semangat!