Jumat, 25 November 2011

REFORM YOURSELF


Reformasi kepribadian


Terlalu menggebu-gebu judul diatas, tapi bukankah kata cita-cita selalu dibarengi dengan kata reformasi ? Apalagi setelah kata-kata itu mengiang lebih kencang sejak 1998. Ada cita-cita pendidikan dan ada juga reformasi pendidikan; ada cita-cita politik dan ada juga reformasi politik; ada cita-cita pembangunan dan ada juga reformasi pembangunan. Bolehkah memasukkan pemikiran dan resolusi pribadi di bulan November ini sebagai cita-cita dan reformasi pribadi untuk ide dasar yang lebih pintar dalam menjalani perkuliahan setelah ditampar dengan nilai-nilai dari 3 mata perkuliahan yang nyaris menyedihkan? Act from yourself and act now kata ustadz Abdullah Gymnastiar. Bertindaklah secepatnya, maka resolusi pertama adalah mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik. Saya mulai dengan 5 hal ini :

1.       Tidur lebih awal.
2.       Latihan/olahraga yang lebih baik.
3.       Berusaha, bersinergi, mengatur tempo.
4.       Mengatasi tugas-tugas yang mengganggu.
5.       Bertindak lebih energik.

Berapa kali saya kalah dalam memutuskan untuk mengubah perilaku buruk menjadi perilaku baik dengan berolahraga lebih banyak, makan lebih baik, dan menjaga bentuk tubuh dengan fitness teratur? saya sedang membuat resolusi dalam konteks “proyek kebahagiaan” saya secara pribadi, dan saya berharap itu berarti bahwa saya akan melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjaga kebahagiaan dan cita-cita itu sendiri. Untuk memulai pemikiran baru dari proyek kebahagiaan saya, saya memutuskan untuk fokus pada meningkatkan energi saya. Vitalitas lebih “perkasa”, akan membuat segalanya lebih mudah bagi saya terutama untuk tetap fokus pada semua proyek kebahagiaan saya sebagai pijakan dasar resolusi di bulan depan.

Studi dan penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda merasa energik harga diri Anda akan ikut meningkat. Merasa lelah dan kelelahan hanya membuat segalanya tampak sulit. Sebuah aktivitas ringan yang biasanya akan menyenangkan seperti bersosialisasi dan mengenal banyak kawan baru, terasa sulit tanpa vitalitas tinggi dan perasaan luar biasa; di sisi lain tugas yang lebih menuntut seperti belajar program perangkat lunak baru (Java dan Matlab) terasa luar biasa menyenangkan jika kita memiliki jiwa bertarung tinggi dan didukung vitalitas sempurna.

Saya tahu bahwa ketika saya merasa energik maka saya jauh lebih mudah untuk berperilaku hebat dengan cara yang membuat saya bahagia. Saya punya semua waktu dalam genggaman saya, meluangkan waktu untuk e-mail kakak di Jogja, menelpon keluarga besar saya selama berjam-jam, menulis dan mempelajari psikologi dan interaksi dengan orang lain, belajar hipnotis dan lain-lain; itupun menjadikan saya pribadi yang punya lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan rumah, vitalias tinggi juga membantu saya memiliki ketekunan untuk mencari tahu mengapa program komputer saya ngadat dan cara-cara memperbaikinya. Saya mengambil waktu untuk menempatkan piring saya di dapur dan mencucinya (biasanya saya sangat malas). Saya punya kesempatan lebih memutuskan untuk menangani aspek-aspek psikologi baik fisik dan mental (termasuk beberapa tulisan psikologi di blog ini). Untuk energi fisik saya, saya perlu untuk memastikan bahwa saya punya cukup waktu tidur dan cukup berolahraga.

Terkait erat dengan waktu tidur diatas, maka izinkanlah saya tidur terlebih dahulu karena tulisan saya selanjutnya tentang 5 aktifitas baru saya diatas akan sangat menyita perhatian baik bagi saya sebagai penulis maupun bagi Anda sebagai pembaca. Tidur dulu ya? Kita lanjutkan nanti……



FOLLOWERS

Share

0 comments: