Sabtu, 26 November 2011

2nd EDITION : REFORM YOURSELF



Bobo yuk… (Reformasi Kepribadian Jilid II)

Mengapa tidur lebih awal ???

Saya tidak mencoba mengkomparasi dan memberikan pembenaran tapi fakta lebih banyak berbicara untuk pembahasan saya dibawah ini. Tidur lebih awal dan berolahraga pagi mungkin menjadi kombinasi kegiatan yang mulai dijauhi oleh kelompok masyarakat muda zaman millenium, tapi coba renungkan semuanya lebih dalam melalui tulisan ini. Lebih menekankan pada para mahasiswa dan pemuda pada umumnya sih, tapi luangkanlah waktu sebentar memahami dan menerapkannya.

Sebuah studi yang dimuat jurnal Sleep edisi Oktober menyelidiki pengaruh waktu tidur dan waktu bangun dari 2.200 anak di Australia, usia 9-16 tahun terhadap bobot mereka. Ternyata anak-anak yang pergi tidur lebih malam dan bangun lebih siang, 1,5 kali lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang pergi tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Anak-anak yang tidur lebih malam hampir dua kali tidak aktif secara fisik dan 2,9 kali lebih mungkin untuk nonton TV dan bermain video game selama berjam-jam. Memang demikian kenyataannya bukan….

Carol Maher, peneliti di University of South Australia mengatakan jumlah tidur secara total anak-anak yang pergi tidur terlambat dan bangun terlambat dengan anak-anak yang pergi tidur lebih awal dan bangun lebih awal adalah adalah sama. Tetapi, dampaknya jauh berbeda, dimana anak yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal lebih sehat dan ramping. Maher melanjutkan, ilmuwan menyadari dalam beberapa tahun terakhir bahwa anak-anak yang kurang tidur cenderung lebih buruk kesehatannya, termasuk risiko kelebihan berat badan dan obesitas.

Maher mengatakan, waktu pagi lebih kondusif untuk kegiatan fisik bagi orang-orang muda daripada malam, yang menawarkan acara prime time TV sehingga orang malas beraktifitas. Hubungan antara waktu dan aktifitas yang tersedia dapat menjelaskan mengapa perilaku santai dan lebih banyak di depan TV terkait dengan waktu tidur lebih malam. Penelitian itu, ujar Maher, menunjukan bahwa remaja memiliki kecenderungan alami untuk berlama-lama sampai larut malam dan bangun terlambat.

Manfaat tidur lebih awal jelas terkait erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saya mencoba menggali 5 aja ya.. karena kelimanya terkait erat dengan kepribadian saya.

1.      Berat badan turun;

Mungkin tidak terlihat secara signifikan pada tubuh saya hehehe.. tetapi kecenderungan untuk sebagian besar orang, begadang berarti makan tengah malam. Ada keterkaitan erat antara keduanya, itulah alasan mengapa warung kopi (WARKOP) tengah malam tidak hanya menyiapkan minuman sebagai penghangat di waktu dingin tapi juga makanan sebagai teman begadang misalnya mie instant, gorengan, kue dan cemilan-cemilan kecil.

2.      Tidur lebih pulas;

Tidur tengah malam menyebabkan munculnya wabah insomnia. Insomnia jauh lebih tidak menyenangkan dibandingkan tidak insomnia. Lagipula akan menyebabkan makin menipisnya waktu tidur karena aktifitas pagi hari menunggu kita seolah-olah dalam skala yang sangat cepat sehingga banyak yang mengatakan “baru tidur dikit ayam dah berkokok”, lebih parah lagi kalau sebagai mahasiswa muncul pernyataan “baru tidur dikit ada sms ketua kelas : Remedial Matdis pagi ini segera”.

3.      Lebih produktif di pagi hari;

Anda boleh saja mengaku sudah biasa begadang tapi yakinlah tubuh Anda tidak diprogram untuk itu. Dengan tidur lebih cepat maka Anda akan bangun dalam kondisi lebih bugar dan lebih produktif. Presiden BJ Habibie aja mengaku selalu bangun lebih awal sebelum adzan subuh karena di waktu-waktu itulah dia belajar dan hasilnya beliau-lah Professor pertama dalam kedirgantaraan di Indonesia. Siapa tahu bangun lebih awal, belajar lebih pagi dan jauh lebih produktif dibandingkan mahasiswa yang suka begadang membantu Anda jadi seorang Professor di bidang Sistem Informasi hehehe..

4.      Jantung yang lebih sehat;

Para peneliti di Misao Health Clinic, Jepang menemukan rasio positif dan mengatakan bahwa relawan yang baru tidur setelah lewat tengah malam memiliki pengerasan pembuluh darah daripada mereka yang tidur lebih awal. Harus diketahui, pengerasan pembuluh darah arteri merupakan gejala awal penyakit jantung. Waspadalah… waspadalah..

5.      Lebih berenergi;

Mereka yang baru bisa tidur pagi hari sebenarnya tidak pernah benar-benar terbiasa dengan siklus hidupnya. Kerapkali mereka hanya tidur 2-3 jam dan tidak bisa tertidur lelap sepanjang tidurnya. Akibatnya mereka bangun dalam kondisi tidak sepenuhnya bugar dan selalu saja ingin menghabiskan aktifitas pagi harinya untuk tidur. Dalam kehidupan beberapa mahasiswa juga terlihat bahwa kelompok yang seperti ini seringkali izin setelah melakukan absensi pagi menuju tempat yang nyaman seperti musholla, masjid dan pos SATPAM untuk melanjutkan aktifitas tertunda semalaman yaitu TIDUR.
Masih setia dengan begadang ?? ingat lho kata Bang Haji Rhoma Irama, mending dijauhi kalau tak ada artinya...

Share

3 comments:

mustaqim siga mengatakan...

komen pertama ditunggu

Suichal mengatakan...

Gimana dengan mahasiswa yang suka begadang ngerjain tugas, ada tips trik biar ga begadang tapi tugas tetp selesai ga? :D

MUSTAQIM SIGA mengatakan...

disetting
untuk pengerjaan tugas ringan : 19.00 or 21.00
untuk pengerjaan tugas berat : Jumat xor Sabtu and Minggu
wkwkwkwk